WEB HOSTING MURAH INDONESIA - AMERIKA - SINGAPORE, REGISTRASI DOMAIN, RESELLER HOSTING
Home Tutorial Installasi CARA INSTALASI XAMPP DI KOMPUTER
formats

CARA INSTALASI XAMPP DI KOMPUTER

Bagi seorang web programmer, Anda harus bisa memastikan bahwa web yang Anda buat tidak memiliki bug atau celah error. Salah satu caranya adalah dengan mengeceknya secara offline. Supaya bisa menampilkan web secara offline dibutuhkan software khusus yang salah satunya bernama XAMPP. Adapun langkah-langkah instalasinya adalah sebagai berikut :

1. Download file installer XAMPP dari web resminya yaitu melalui web http://www.apachefriends.org/en/xampp.html. Pilih yang sesuai dengan operating system yang Anda pakai di komputer. Apabila Anda memakai sistem operasi Windows, silahkan klik link XAMPP for Windows.

XAMPP1

2. Kemudian akan terbuka halaman XAMPP For Windows. Silahkan Anda scroll ke bagian bawah hingga sampai pada bagian Download. Terdapat tiga pilihan yaitu Installer apabila Anda ingin mendownload software XAMPP dalam format exe, ZIP apabila Anda ingin mendownload software XAMPP dalam format ZIP/terkompres atau 7zip apabila Anda ingin mendownload software XAMPP dalam format 7zip (dibuka/diekstrak menggunakan software 7zip). Klik link yang Anda inginkan. Maka proses download akan segera berjalan. Tunggu sampai proses download selesai, dan pastikan file XAMPP yang Anda download tersimpan di dalam komputer Anda.

XAMPP2

3. Setelah proses download selesai, silahkan Anda masuk ke dalam folder tempat file XAMPP yang Anda download tersimpan. Kemudian double klik pada file XAMPP tersebut.

XAMPP3

4. Maka akan muncul kotak dialog Installer Language. Silahkan Anda pilih bahasa yang Anda inginkan. Secara default, bahasa yang dipakai adalah bahasa Inggris (English). Kemudian klik tombol OK untuk melanjutkan.

XAMPP4

5. Kemudian akan muncul jendela baru yaitu jendela ucapan selamat datang pada proses instalasi (setup) XAMPP. Silahkan Anda klik tombol Next untuk melanjutkan.

XAMPP5

6. Sesudah itu muncul jendela Choose Install Location. Disini Anda bisa menentukan folder atau tempat untuk file-file instalasi XAMPP di komputer Anda. Secara default adalah C:\xampp. Juga terdapat keterangan space (ruang kosong) yang dibutuhkan untuk proses instalasi XAMPP dan space yang tersedia di komputer Anda. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

XAMPP6

7. Kemudian akan muncul window XAMPP Options. Pada bagian ini, Anda bisa menentukan apakah XAMPP akan dibuatkan shortcut di Desktop atau tidak melalui pilihan XAMPP Desktop. Anda juga bisa mengatur apakah XAMPP akan muncul di start menu atau tidak melalui pilihan XAMPP Start Menu. Dan pada bagian Service Section, Anda bisa menentukan apakah XAMPP (Apache, MySQL dan FileZilla) akan dijadikan sebagai service dalam Windows atau tidak. Apabila Anda memberi tanda centang pada pilihan-pilihan tersebut, maka nantinya ketiga aplikasi tersebut (Apache, MySQL dan FileZilla) akan secara otomatis aktif begitu Windows dinyalakan, karena sudah menjadi bagian dari service Windows. Kemudian tekan tombol Install untuk melanjutkan proses instalasi.

XAMPP7

8. Akan muncul progress bar proses instalasi XAMPP di komputer Anda. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

XAMPP8

9. Dan apabila proses instalasi sudah selesai, maka akan muncul windows yang menunjukkan bahwa proses setup/instalasi XAMPP di komputer Anda telah selesai. Silahkan klik tombol Finish untuk melanjutkan.

XAMPP9

10. Kemudian XAMPP akan melakukan konfigurasi ke dalam komputer Anda. Tunggu sampai proses tersebut selesai, dan akan muncul jendela yang mengatakan bahwa proses instalasi service sudah selesai. Klik tombol OK untuk melanjutkan.

XAMPP10

11. Kemudian akan muncul jendela pertanyaan untuk masuk ke Control Panel XAMPP. Silahkan Anda pilih tombol Yes untuk masuk ke Control Panel XAMPP, atau tombol No untuk tidak masuk ke Control Panel XAMPP.

XAMPP11

12. Apabila pada jendela pertanyaan yang muncul, Anda memilih tombol Yes, maka akan muncul jendela XAMPP Control Panel Application. Melalui Control Panel tersebut, Anda bisa melakukan konfigurasi program XAMPP. Anda bisa mengaktifkan ataupun menonaktifkan service melalui Control Panel ini.

XAMPP12

13. Untuk memastikan bahwa XAMPP sudah terinstal dengan benar di komputer Anda, silahkan Anda buka browser Anda kemudian pada bagian address bar, silahkan ketik alamat http://localhost kemudian tekan Enter. Apabila muncul logo XAMPP di layar browser Anda, berarti XAMPP sudah terinstal dengan benar di komputer Anda. Dan Anda sudah siap untuk menggunakannya.

XAMPP13

Incoming search terms:

  • tidak bisa centang filezilla
  • kenapa XAMPP tidak bisa next install
  • offline xampp tidak jalan
  • filezilla tidak mau di start
  • ############################################
  • service filezilla tidak aktif
  • mengapa mysql di xampp tidak bisa distart?
  • filezilla tidak bisa start
  • filezilla tidak aktif di xampp
  • mysql dan filezilla tidak bisa di start dan ceklis
 
Tags: ,
 Share on Facebook Share on Twitter Share on Reddit Share on LinkedIn
No Comments  comments 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
About WebiiHost Indonesia

Webiihost berdiri sejak tahun 2004, berawal dari layanan registrasi domain dan web hosting Indonesia saja yang kemudian berkembang menyediakan juga layanan hosting murah selain di indonesia juga di lokasi amerika dan singapore untuk memenuhi kebutuhan client. Saat ini webiihost sudah mengonlinekan ribuan website, dan juga melayani Virtual Private Server (VPS). Selain itu kami juga menyediakan Dedicated Server Indonesia lengkap dengan tools remote management KVM Over IP dan Power Over IP.


Copyright © 2004 - 2019 www.webiihost.com Hosting Indonesia.

Powered by