WEB HOSTING MURAH INDONESIA - AMERIKA - SINGAPORE, REGISTRASI DOMAIN, RESELLER HOSTING
Home Tutorial Installasi CARA INSTALASI APPSERV DI KOMPUTER
formats

CARA INSTALASI APPSERV DI KOMPUTER

Selain menggunakan XAMPP sebagai server lokal, Anda juga bisa menggunakan perangkat lunak yang lainnya yaitu AppServ. Fungsinya hampir sama dengan XAMPP. Adapun langkah instalasinya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan Anda download file AppServ dari website resminya yaitu di alamat : http://www.appservnetwork.com/ kemudian silahkan Anda pilih versi yang akan Anda gunakan dengan cara mengklik link yang tersedia. Kemudian proses download akan dimulai, tunggu sampai proses tersebut selesai.

Appserv1

2. Kemudian masuk ke dalam folder tempat file AppServ yang Anda download tersimpan. Klik double pada file tersebut untuk melakukan proses instalasi.

Appserv2

3. Kemudian akan muncul jendela ucapan selamat datang di proses setup AppServ. Silahkan Anda klik tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi.

Appserv3

4. Sesudah itu akan muncul jendela License Agreement. Untuk melanjutkan proses instalasi AppServ di komputer Anda, silahkan Anda tekan tombol I Agree.

Appserv4

5. Selanjutnya akan muncul jendela Choose Install Location. Disini Anda bisa menentukan sendiri folder tempat file-file instalasi AppServ akan diletakkan dengan mengklik tombol Browse dan Anda tentukan folder yang akan digunakan. Secara default, AppServ akan diinstal di drive C:\AppServ. Pada jendela ini, Anda juga akan mendapat informasi tentang space yang dibutuhkan untuk proses instalasi AppServ dan space yang terdapat pada komputer Anda. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

Appserv5

6. Pada jendela selanjutnya, silahkan Anda tentukan komponen yang akan diinstal dengan cara membuang tanda cek apabila Anda tidak menginstal komponen tersebut. Dalam hal ini terdapat empat komponen yaitu Apache HTTP Server, MySQL Database, PHP Hypertext Prepocessor dan phpMyAdmin. Secara default semua komponen tersebut dalam keadaan terpilih. Untuk lebih amannya, ada baiknya Anda mengikuti default dari AppServ itu sendiri, yaitu menginstal semua komponen-komponen tersebut. Di samping itu, komponen-komponen tersebut juga semuanya diperlukan. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

Appserv6

7. Kemudian akan muncul jendela Apache HTTP Server Information. Silahkan masukkan nama server pada kotak isian Server Name. Sebagai contoh www.nama-domain-anda.com. Kemudian masukkan juga alamat email Anda pada bagian kotak isian Administrator’s Email Address. Sebagai contoh email-anda@nama-domain-anda.com. Adapun pada kotak isian port, silahkan Anda tentukan port yang akan digunakan. Secara default, AppServ menggunakan port 80. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.

Appserv7

8. Selanjutnya akan muncul jendela MySQL Server Configuration. Disini Anda bisa mengatur konfigurasi server MySQL Anda. Silahkan Anda masukkan password root Anda pada kotak isian Enter root password dan ketik kembali password Anda tersebut pada kotak isian Re-enter root password. Password ini nanti digunakan untuk masuk ke dalam AppServ. Untuk konfigurasi yang lain, bisa Anda biarkan secara default. Silahkan klik tombol Install untuk melanjutkan.

Appserv8

9. Kemudian akan muncul jendela Installing. Terdapat progress bar proses instalasi AppServ ke dalam komputer Anda. Tunggu sampai proses tersebut selesai.

Appserv9

10. Dan apabila proses instalasi sudah selesai, maka akan muncul jendela Completing the AppServ 2.x.xx Setup Wizard. Hal ini menunjukkan bahwa AppServ sudah terinstal di komputer Anda. Kemudian silahkan Anda tekan tombol Finish untuk melanjutkan. Anda juga bisa menonaktifkan pilihan Start Apache dan Start MySQL dengan cara menghilangkan tanda cek. Dan apabila kedua pilihan tersebut dalam keadaan terpilih (ada tanda cek pada keduanya), maka ketika Anda menekan tombol Finish, kedua komponen tersebut akan otomatis aktif.

Appserv10

11. Dan apabila AppServ sudah terinstal di komputer Anda, maka akan muncul pada start menu program.

Appserv11

Incoming search terms:

  • contoh email address
  • cara instal appserv
  • cara menginstal appserv
  • cara install appserv
  • cara setting appserv
  • contoh email adress
  • cara mensetting appserv
  • appserv tidak bisa masuk phpmyadmin hapus tanda #
  • cara instal app serv
  • cara menginstal appserc
 
 Share on Facebook Share on Twitter Share on Reddit Share on LinkedIn
No Comments  comments 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
About WebiiHost Indonesia

Webiihost berdiri sejak tahun 2004, berawal dari layanan registrasi domain dan web hosting Indonesia saja yang kemudian berkembang menyediakan juga layanan hosting murah selain di indonesia juga di lokasi amerika dan singapore untuk memenuhi kebutuhan client. Saat ini webiihost sudah mengonlinekan ribuan website, dan juga melayani Virtual Private Server (VPS). Selain itu kami juga menyediakan Dedicated Server Indonesia lengkap dengan tools remote management KVM Over IP dan Power Over IP.


Copyright © 2004 - 2019 www.webiihost.com Hosting Indonesia.

Powered by